Monday, October 10, 2011

The Secret Garden By Frances Hudgson Burnett

Sumber: The Secret Garden By Frances Hudgson Burnett


The secret Garden adalah salah satu novel anak terbaik sepanjang masa. Itu versi Qanita sang penerbit. Tapi kayaknya benar juga setelah melihat di Goodreads buku ini sudah berkali-kali dicetak. Setelah membacanya sepintas mengingatkanku pada komik zaman SMP yang pernah aku baca dengan judul yang sama sebelumnya.
Buku ini bercerita persahabatan yang unik dari ketiga orang anak yaitu Mery (10 tahun), Dickon (12 tahun) dan Colin (10 tahun).

Mery adalah seorang anak yang awalnya sangat keras kepala, egois dan manja karena dibesarkan oleh ayah yang memberikan segalanya tampa adanya kasih sayang yang sebenarnya dari orang tua. Mama Mery adalah seorang mama yang tidak mengharapkannya lahir karena Mary terlahir sebagai anak cewek.

Dickon mengclaim dirinya bisa berbicara dengan hewan dan tumbuhan.


Cover Versi Indonesia

Dickon merupakan adik dari Martha pengasuh Mary di Yorkshire. Dickonlah yang banyak mempengaruhi Mary dan Colin menjadi anak yang lebih manis. Dengan seruling kecilnya, binatang-binatang di padang kerangas tunduk dan jinak kepadanya.

Colin adalah anak dari Paman Mery Mr Craven. Ibu Colin meninggal ketika melahirnya, sehingga ayahnya membencinya dan membiarkan Colin tumbuh tampa mendapatkan perhatian dari Mr Craven. Menurut gosip yang beredar di Yorkshire, Mr Craven adalah seorang laki-laki bungkuk yang menyeramkan.

Ketika anak ini dipersatukan dalam the secret garden. Taman yang sudah 10 tahun tidak dipelihara bahkan sengaja tidak diurus oleh pemiliknya karena ada kenangan pahit di balik itu semua. Tampa sengaja Mery mendapatkan kunci the secret garden yang telah dikubur oleh pemiliknya di dalam tanah karena benar-benar ingin ‘mengingkirkan’ the secret garden

The secret garden benar2 membutuhkan imajinasi.Digambarkan sebagai taman yang sangat indah setelah ditanami lagi oleh ketiga anak ini dengan bantun tukang kebun Ben Weatherstaff. Peristiwa demi peristiwa mereka lewati seperti saat mereka melihat pucuk hijau muncul di tanah, mawar sudah mulai menjalar di dinding, dan burung robin telah berkembangbiak.

Buku ini membawa kita kepada keindahan masa kecil yang indah dan bahagia. Sangat indah apabila membayangkan the secret garden benar2 ada.

No comments:

Post a Comment