Monday, October 10, 2011

Skenario Reshuffle 2011 berbanding 2007, Faktor Ali Mudlori

Skenario Reshuffle 2011 berbanding 2007, Faktor Ali Mudlori

SUMBER


PetaPolitik.Com – Janji Presiden SBY untuk melakukan Reshuffle kabinet bulan depan adalah poin kritis citra kepemimpinannya. Arsip-arsip berita lima tahun yang lalu menunjukkan beberapa hal yang menarik.

Arsip online majalah Gatra dengan kode artikel 104282, memperlihatkan situasi yang mirip-mirip dengan situasi saat ini. Saat itu disebutkan bahwa Presiden SBY akan mengganti para menteri yang sakit dan yang kinerjanya tidak optimal. Poin sakit dan kinerja tidak optimal juga muncul dalam wacana Reshufle 2011 yang disuarakan Staf Khusus Presiden beberapa hari yang lalu.

Uniknya dalam artikel Majalah Gatra tahun 2007 tersebut tersebut nama yang saat ini menjadi pusat perhatian karena menjadi tertuduh dalam kasus suap di Menakertrans. Nama Ali Mudlori adalah tercantum sebagai pimpinan Fraksi PKB yang ikut memberikan masukan bagi Presiden SBY saat Reshuffle 2007, bersama dengan Syarif Hasan dari Fraksi Demokrat, Iskandar Mandji dan Feri Mursyidan Baldan dari Golkar.

Menilik rekam jejak Ali Mudlori yang merupakan anggota komisi VII, sudah tidak aneh lagi jika Ali Mudlori mempunyai kedekatan dengan pengambil kebijakan di bidang Pertambangan dan Sumber Daya Mineral, yang tidak lain juga merupakan wilayah yang sangat dipahami oleh Presiden SBY yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan di masa lalu.

Jika Ali Mudlori saat ini berada di ujung tanduk pergeseran kekuasaan, sudah merupakan hal yang pasti jika Muhaimin Iskandar adalah nama yang paling rentan untuk dicopot bulan depan. Kedekatan Muhaimin dengan Ali Mudlori bukan merupakan hal yang asing. Ali Mudlori adalah wakil bendahara PKB yang rumahnya di Lumajang sering menjadi tempat acara-acara penting yang dilakukan oleh Muhaimin Iskandar.

Pilihan Presiden SBY untuk mengganti menteri bulan depan memang beresiko tinggi. Arsip-arsip koran Rakyat Merdeka Februari 2006 mencatat bahwa Ali Mudlori adalah nama yang berani untuk mengusulkan kepada Presiden SBY tentang penggantian pejabat-pejabat Pertamina. Arsip-arsip lama menunjukkan bahwa Ali Mudlori sangat berpotensi untuk mengganggu presiden SBY jika nasib dirinya akan habis dalam persidangan-persidangan kasus korupsi Menakertrans dalam waktu dekat ini.[Djio]

No comments:

Post a Comment