Thursday, January 12, 2012

Peta Lengkap Sejarah Palestina Diterbitkan

Peta Lengkap Sejarah Palestina Diterbitkan

KNRP - Dalam sebuah seminar terbuka di London yang bertema "Peta Palestina: Kelangsungan Hidup atau Kehancuran" berhasil diungkap Atlas Palestina karya Dr Salman Abu Sitta, dimana penulis menghubungkan antara geografi Negara Palestina dengan sejarah Nakba.

Atlas dalam bahasa Inggris itu dikeluarkan berdasarkan dokumen-doukmen langka dan referensi penting dimana itu diambil dari ratusan dokumen yang khusus terkait dengan masalah Palestina yang ditetapkan atas argumen dan bukti yang terdokumentasi secara hukum dan logis yang membuktikan ‘ke-Palestina-an’ Palestina dan menegaskan hak kembali.

Abu Sitta dengan menggunakan dokumen-dokumen itu ingin membuktikan hak-hak Palestina dan kembali menampilkan potongan sejarah Israel yang berupaya menghapus sejarah Palestina dan penghapusan atas monumen-monumennya serta kelanjutan dari Nakba.

Peta sejarah Palestina itu menampilkan dari sisi pengasingan Palestina dan menyajikan analisis historis dan sah atas pengusiran yang dimulai pada tahun 1947 dan masih terus terjadi sampai hari ini juga, selain peta itu juga menawarkan klarifikasi penting atas kebijakan pengusiran yang berhasil didokumentasikan oleh Atlas itu, yang berisi nama dan deskripsi dari desa-desa Palestina yang dihancurkan dan dihapus dari peta Israel.

Atlas itu dibagi menjadi tiga bagian, yaitu di era mandat Inggris, rincian Nakba dan tentang apa yang terjadi atas para pengungsi dan pengsiran mereka di negara dunia lalu apa yang terjadi terhadap wilayah Palestina dalam 18 tahun yang diikuti dengan pendirian Israel.

Dokumen dalam Atlas itu dinilai sebagai dokumen terbesar terkait Palestina sejauh ini yang mengandung informasi tentang 1.600 kota dan desa, dan informasi tentang 16 ribu lokasi-lokasi bersejarah, budaya dan sipil dimana ada 26 ribu nama tempat di Palestina.(milyas/aljzr)

0 Komentar

Arsip
  • Bapak Arkeolog Israel: Bukti Eksistensi Yahudi di Al-Quds Tidak Ada
  • Studi: Tembok Ratapan itu Palsu
  • Peta Lengkap Sejarah Palestina Diterbitkan
  • Yerusalem Bukan Al-Quds?
  • Yahudi, Nenek Moyang Taliban?

No comments:

Post a Comment